Wisata di Kota Padang Panjang yang Sayang Untuk dilewatkan

Wisata di Kota Padang Panjang yang Sayang Untuk Dilewatkan

Kota Padang Panjang adalah sebuah kota kecil yang lokasinya berada di Provinsi Sumatera Barat. Kota dengan julukan Egypte Van Andatas ini berjarak 96,7 km dari kota Padang, ibukoa Provinsi Sumatera Barat dengan jarak tempuh dua setengah jam. Kota Padang Panjang memiliki keindahan yang luar biasa, perjalanan menuju kota dijamin tidak akan membosankan.

Dari perjalanan menuju Kota Padang Panjang anda akan disuguhi dengan pemandangan bukit-bukit dan pepohinan hijau disekeliling yang akan membuat anda terasa nyaman. kota indah yang satu ini menyimpan potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Beriut ini adalah beberapa tempat wisata di kota Padang Panjang yang harus kalian kunjungi :

  1. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah anai menjadi salah satu mascot pariwisata di Sumatera Barat, bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi ketika berada di Kota Padang Panjang. Lokasinya berada di Jalan Raya Padang Bukittinggi, yang berjarak 66,4 km atau sekitar 1 jam 50 menit dari kota Padang.

Air terjun ini termasuk dalam kawasan cagar alam lembah anai dan termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Tanah Datar. Tetapi karena memiliki jarak yang sangat dekat dengan Kota Padang Panjang sebaiknya anda singgah terlebih dahulu di Lembah Anai.

Lembah Anai adalah kawasan hutan lindung yang indah dengan pepohonan hijau dan udara yang menyegarkan, selain itu di sini juga kalian bisa menjumpai satwa liar seperti monyet yang sering kali berkeliaran disekitar air terjun. Anda bisa mendi di telaga yang airnya sangat jernih berwarna kebiruan.

  1. Minang Fantasi

Minang Fantasi salah satu objek wisata yang paling terkenal lainnya, di Kota Padang Panjang ini beragam permainan air dapat anda temui seperti Mifan Waterpark. Mifan adalah objek wisata air yang memiliki luas 9,8 hektar dan terlengkap di Sumatera.

Lokasinya terletak di tengah alam yang menyuguhkan pemandangan hijau karena berada di antara Bukit Barisan. Di dalam lokasi Mifan ini terdapat perkampungan Minangkabau yang dijadikan sebagai resort ataupun tempat menginap para wisatawan. Berbeda dari objek wisata lainnya, Mifan hadir dengan konsep tradisional yang benar-bernar berbeda dan unik.

Mifan dapat menampung hingga kapasitas 25.000 pengunjung, harga tiketnya untuk Senit – Jumat Rp 40.000, dan untuk hari Sabtu-Minggu dan Libur Nasional Rp 50.000. untuk jam operasionalnya senin-jumat 10.00-17.00 WIB dan pada sabtu-minggu atau libur nasional 08.00-18.00 WIB.

  1. Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Kawasan ini adalah sebuah museum yang berada di Kecamatan Silang Bawah Kota Padang Panjang. Di museum ini kalian akan bisa melihat koleksi budaya Minangkabau yang berbentuk Audio dan Visual. Bangunan museum ini pun sangat cantik, di dalamnya memiliki banyak koleksi gambar yang sangat menarik. Selain itu, juga banyak hal mengenai Minangkabau yang bisa menambah wawasan kalian.

  1. Masjid Asasi Sigando

Masjid ini adalah masjid tertua yang berada di Kota Padang Panjang. Masjid ini terkenal dengan nama Masjid Asasi Nagari Gunung. Desainnya yang unik akan menarik untuk dikunjungi, terdapat di Jorong Sigando, masjid ini menampilkan arsitektur tradisional Minangkabau.

Masjid Asasi Sigando sering disebut sebagai saksi sejarah perkembangan Islam di Kota Padang Panjang. Sejarahnya masjid ini dibangun oleh seorang ulama penyebar agama islam di Kota Padang Panjang. Sampai saat ini kondisi masjid ini masih sangat terawatt dan bersih karena pemerintah telah menjadian masjid ini sebagai kawasan cagar budaya.

  1. Lubuk Mata Kucing

LubuK Mata Kucing adalaj objek wisata pemandian yang oaling popular di Kota Padang Panjang. Dijuluji dengan nama mata kucing karena airnya bersih sejernih mata kucing. Namun, sayangnya objek wisata ini mulai sepi, karena para wisatawan lebih tertarik dengan objek wisata baru seperti Mifan

Namun, Lubuk Mata Kucing menawarkan sensasi yang berbeda, nyaman dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *